9 Singkatan dan Kepanjangan K3

Memahami berbagai Singkatan K3 dan Kepanjangan K3

Singkatan dan kepanjangan K3 kadang banyak dipertanyakan oleh beberapa orang karena beragamnya arti K3. Untuk saat ini, kepanjangan K3 banyak diarahkan kepada “keselamatan dan kesehatan kerja”. Namun, sebenarnya banyak singkatan dan kepanjangan terkait dengan K3 yang lain.

Kepanjangan K3 Singkatan K3

Secara garis besar singkatan k3 atau kepanjangan k3 yang ada di Indonesia meliputi:

  • Keselamatan dan kesehatan kerja
  • Ketertiban kebersihan serta keindahan
  • kategori 3 untuk Aparatur Sipil Negara
  • keselamatan dan kesehatan kerja lingkungan
  • health and safety environment
  • health and safety executive
  • quality, safety, security and environment

kepanjangan K3 dan singkatan k3

Ilustrasi Anak Memahami K3

Berikut adalah 9 singkatan k3 dan kepanjangan K3 versi Katigaku.top yang diulas dengan lebih lengkap:

01. Kepanjangan K3 adalah keselamatan dan kesehatan kerja

Singkatan K3 dipahami sebagai keselamatan dan kesehatan kerja. Awal mula pemahaman ini adalah adanya Undang-undang nomor 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja. Undang-undang ini kemudian menjadi dasar dari Peraturan Menteri Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Koperasi nomor 1 tahun 1978 tentang keselamatan dan kesehatan kerja dalam penebangan dan pengangkutan kayu.

rambu k3

Rambu K3

Keselamatan dan kesehatan kerja banyak berkembang di tempat-tempat kerja dengan tujuan utama untuk melindungi semua pekerja dari kecelakaan kerja serta menghindari kerugian yang timbul baik dalam aspek properti ataupun finansial karena munculnya kecelakaan kerja. Keselamatan dan kesehatan kerja juga sudah banyak dipelajari di berbagai macam perguruan tinggi baik negeri ataupun swasta.

02. K3 adalah ketertiban kebersihan serta keindahan

Singkatan K3 dipahami sebagai ketertiban kebersihan serta keindahan terutama banyak terdapat di lingkungan masyarakat. K3 sebagai ketertiban, kebersihan serta keindahan banyak menjadi lomba di tengah masyarakat untuk lebih memasyarakatkan ketertiban, kebersihan serta keindahan.

Ketertiban adalah kondisi dinamis yang menimbulkan keserasian, keselarasan, dan keseimbangan dalam tata hidup bersama sebagai makhluk sosial. Kebersihan adalah suasana bersih, sehat, dan segar yang terasa dan tampak di seluruh ruangan kerja, halaman, lapangan bahkan dan suasana lahir batin seluruh masyarakat. Keindahan adalah suasana lingkunga yang baik, menyangkut tata ruang maupun halaman yang menimbulkan rasa indah bagi yang melihatnya.

03. K3 sebagai kategori 3 di Pegawai Negeri Sipil

Singkatan K3 dipahami sebagai “kategori 3” yang merupakan salah satu kategori dari Pegawai Negeri Sipil. K1 ini merupakan tenaga honorer yang pembiayaan upah /honornya langsung dibiayai oleh APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) atau APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

Kategori 2 (K2) atau kelompok honorer kategori ini adalah tenaga honorer yang diangkat per 1 Januari 2005 atau sudah diangkat 1 tahun ketika 31 Desember 2015, namun perbedaan dengan Honorer K1 adalah honorer K2 tidak mendapat upah dari APBD/APBN seperti honorer K1. Tenaga honorer K3 (non-kategori) merupakan tenaga honorer yang diangkat selepas kurun 2005-2008 atau mulai bekerja di instansi Pemerintahan sejak 1 januari 2009.

04. Keselamatan dan kesehatan kerja lingkungan (K3L)

K3L merupakan kependekkan dari keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan. Singkatan K3L ini biasanya terdapat pada perusahaan-perusahaan lokal dan juga biasanya ada departemen khusus di perusahaan untuk menerapkan K3L ini.

Seperti namanya, K3L bertujuan untuk mencegah kecelakaan kerja serta penyakit akibat kerja, menghemat sumber daya alam serta mencegah penceramaan lingkungan. Variasi lain dari singkatan K3L adalah K3LL yang berarti keselamatan kesehatan kerja serta lindung lingkungan. Ada juga yang menyebut LK3 yang merupakan kependekan dari lingkungan, keselamatan dan kesehatan kerja.

Tidak ada panduan khusus terkait dengan peraturan apakah harus K3L, LK3, atau K3LL. Hal ini menjadi keputusan dari organisasi untuk menentukan mana yang paling cocok diterapkan oleh mereka.

05. Health, Safety and Environment (HSE)

Singkatan HSE merupakan kependekan dari health, safety and environment. HSE kurang lebih memiliki arti yang sama dengan K3L hanya saja istilah HSE jamak dipakai diperusahaan multinasional dan juga oleh organisasi internasional.

Dalam prakteknya, istilah HSE ini kadang urutan hurufnya ditukar-tukar seperti menjadi HS (health and safety), EHS (environment, health and safety), SHE (safety, health and environment), dan HES (health, environment and safety). Tidak ada yang khusus dalam perbedaan urutan huruf ini, hanya kita harus mengetahuinya untuk memudahkan kita dalam pencarian pekerjaan.

06. Health and Safety Executive (HSE)

Singkatan HSE juga digunakan untuk menyingkat Health Safety Executive yang merupakan organisasi pemerintahan di Inggris Raya yang bertanggung jawab terhadap penerapan, regulasi dan penegakan kesejahteraan, keselamatan dan kesehatan di tempat kerja serta riset terhadap risiko pada tempat kerja. HSE didirikan pada 1974 dan memiliki kantor pusat di Bootle, England.

investigasi kecelakaan

Ilustrasi Investigasi Kecelakaan

HSE Inggris Raya berada dalam Departemen Pekerjaan dan Pensiun. Pekerjaan dari HSE meliputi penyelidikan terhadap kecelakaan industri baik besar ataupun kecil. HSE Inggris Raya memiliki beberapa divisi:

  • Health and Safety Executive Science Division
  • HM Inspetorate of Mines, Offshore Safety Division serta Occupational Safety
  • Health Consultants Register (OSHCR)

07. H2S Safety

H2S merupakan gas Hidrogen Sulfida yang juga disebut sebagai gas telur busuk, gas asam, asam belerang ataupun uap bau. Gas ini terbentuk oleh penguraian zat-zat organic oleh bakteri sehingga banyak ditemukan dalam operasi pengeboran minyak, gas dan panas bumi, lokasi pembuangan limbah industri, pembuangan sampah serta peternakan.

Gas H2S ini memiliki beberapa bahaya. Adapun bahaya yang dikenali seperti sakit kepala atau pusing, badan terasa lesu, hilangnya nafsu makan, rasa kering pada hidung, tenggorokan dan dada, batuk serta kulit terasa perih. Batas aman menurut ACGIH TWA dalam menghirup H2S selama 8 jam sehari atau 40 jam seminggu adalah 10 ppm.

Beberapa perusahaan memiliki personel khusus yang bertugas untuk menangani bahaya spesifik dari gas H2S ini. Personel tersebut biasanya disebut sebagai H2S Safety Engineer. Tugas dari H2S engineer meliputi pencegahan paparan dari H2S hingga penyelamatan ketika munculnya gas H2S.

08. QHSE (Quality, Health, Safety and Environment) atau HSEQ (Health, Safety, Environment and Quality)

Singkatan QHSE merupakan kependekan dari Quality, Health, Safety and Environment sedangkan HSEQ merupakan singkatan dari Health, Safety, Environment dan Quality. Hal ini merujuk pada digabungnya fungsi HSE suatu perusahaan dengan fungsi quality atau mutu. Beberapa perusahaan farmasi diketahui menggunakan bentuk ini.

ilustrasi bidang quality

Q untuk Quality

09. HSSE (health, safety, security and environment)

HSSE juga merupakan bentuk variasi lain dari HSE. Jika HSE tidak menyebutkan security, maka di HSSE fungsi security disebutkan secara jelas. Tugas dari security di sini adalah untuk mencegah gangguan kemanan baik dari pihak luar ataupun dalam organisasi.

security

Seorang Petugas Security

Fungsi security di sebuah organisasi biasanya meliputi manajemen personel security (Satpam), pemeriksaan kendaraan masuk dan keluar, pemeriksaan barang masuk dan keluar serta akses kontrol. Fungsi security di sini juga harus mampu membangun jaringan dengan kawasan sekitar

Kesimpulan

Singkatan dan kepanjangan K3 atau yang terkait ada beberapa. Dengan mengetahuinya, kita bisa menentukan penamaan yang tepat, mencari pekerjaan, dan membuat tugas dan fungsi dari sebuah bagian organisasi.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama