Pilih HUET Dengan SWETS Atau METS ?

 

HUET Adalah Pelatihan Yang Wajib Dimiliki Oleh Pekerja Minyak Dan Gas Yang Ingin Pergi Ke Lepas Pantai/Offshore.

HUET Dengan SWETS Atau METS ? Bedanya Apa?

Menurut informasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) yang dilansir CNN; Akan ada 13 Proyek Migas lepas pantai di Indonesia yang diramalkan akan beroperasi (onstream) di tahun ini. Dari seluruh proyek tersebut, produksi migas berpotensi bertambah 240 ribu barel setara minyak per hari (BOEPD).

Ini adalah kesempatan bagus untuk kita semua pekerja migas yang sudah siap dan membekali diri. Salah satu bekalnya adalah pelatihan sea survival dan HUET.

Pelatihan HUET dan Sea Survival adalah pelatihan yang wajib dimiliki oleh pekerja minyak dan gas yang ingin pergi ke lepas pantai/offshore. Pelatihan HUET diperlukan untuk mereka yang akan pergi ke platformmoving rig atau FPSO menggunakan helikopter. Persyaratan ini diperlukan oleh semua KKKS, perusahaan minyak utama/Main Contractor, operator minyak dan gas, dan perusahaan pendukung di Indonesia.

Pelatih HUET memberikan Instruksi dari dalam SWETS
Pelatih HUET memberikan Instruksi dari dalam SWETS

Tujuan pelatihan HUET adalah untuk mempersiapkan penumpang (dan awak) helikopter dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk bertindak saat helikopter jatuh. Selesai pelatihan peserta diharapkan dapat memiliki pengetahuan tentang keselamatan di helikopter, keadaan darurat di helikopter, prosedur jatuh dan latihan menyelamatkan diri keluar dari helikopter yang tenggelam.

Intinya, pelatihan Sea Survival diwajibkan jika pekerja berangkat menggunakan kapal sedangkan HUET digunakan jika pekerja akan berangkat menggunakan helicopter.

Pelatihan HUET dan Sea Survival ini biasanya diikuti dengan pemahaman penggunaan LifeJacket dan EPIRB.

Baca Juga Artikel Terkait

Di berbagai provider training di Indonesia ada pelatihan HUET yang menggunakan modul SWETS dan METS. Apa bedanya? Yuk mari kita bahas satu per satu.

HUET – Helicopter Underwater Escape Training 

Di Amerika,pelatihan ini dikenal sebagai Helicopter Underwater Egress Training.

HUET adalah pelatihan yang diberikan kepada awak pesawat helikopter, staf industri minyak dan gas lepas pantai (offshore),personil penegakan hukum, dan personel militer yang secara teratur diangkut dengan helikopter di atas air.

huet swet rigInstalasi minyak lepas pantai

Seperti namanya, tujuan pelatihan adalah untuk mempersiapkan penumpang untuk keluar darurat jika terjadi kecelakaan pendaratan (pendaratan darurat) di atas air.

Pelatihan ini dapat juga diikuti awak dan penumpang pesawat kecil yang bisa jatuh/berguling di atas air, pesawat bersayap tetap seperti pesawat amfibi atau jet kecil juga bisa berguling secepat atau tenggelam secepat helikopter dengan mesin rotor utama di atas pesawat.

Selain itu, karena kecepatan helikopter yang lambat dibandingkan pesawat sayap tetap dan ketinggian yang lebih rendah di atas air, kabin helikopter memiliki peluang lebih besar untuk tetap utuh dengan penumpang di dalamnya ketika mendarat darurat di air.

Pelatihan ini melibatkan simulasi tenggelam di kolam sambil memutar modul pelatihan terbalik dan memfokuskan siswa pada posisi bersiap pada tumbukan (Brace position on Impact), mengidentifikasi titik keluar primer dan sekunder, menghindari menghisap asap, berenang menuju permukaan untuk mengambil udara, dan melakukan headcount (menghitung jumlah kepala).

Pelatihan HUET bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pentingnya waktu yang singkat dari karakteristik situasional yang dapat mencegah keberhasilan melarikan diri. Titik penting seperti peran sabuk pengaman untuk mengontrol daya apung berlebih yang disebabkan oleh pakaian pengaman di dalam helicopter; cara mengoperasikan tabung sistem pernapasan eksternal, dan untuk hati-hati menyimpan kelebihan panjang sabuk pengaman.

SWETS – Shallow Water Egress Trainer (SWET)

Disebut juga SWETS – Shallow water Egress Training Simulator

SWETS adalah peralatan yang digunakan di sisi dangkal kolam (shallow water) untuk mempelajari prosedur dasar pelarian bawah air. Dalam Penggunaan SWET kita berurusan dengan sabuk pengaman, posisi bersiap, titik referensi/titik kunci, dan teknik keluar dengan aman.

Contoh Pelatihan HUET dengan Penggunaan SWETS.

Beberapa kolega bilang modul SWETS seperti “becak becakan” dan diputar dengan tenaga manusia. Biasanya, Trainer dan asisten Trainer yang memutar modul. Modul diputar dengan aba aba dari trainer.

METS – Modular Egress Training Simulator (METS)

METS digunakan untuk pelatihan Menyelamatkan diri dari helikopter yang sedang tenggelam.

Peralatan yang digunakan di ujung dalam kolam (deep end) untuk simulasi jalan keluar dasar, dapat menyebabkan disorientasi, dan mensimulasikan kondisi menyelematkan diri keluar dari keadaan daruat di pesawat. Karena METS digerakkan menggunakan mesin,maka rasanya jadi lebih nyata.

Menurut data dari Military System Tech, METS adalah produksi dari Survival System. METS pertama diperkenalkan pada tahun 1987. Sejak itu, 115 METS® telah diproduksi dan didistribusikan untuk penggunaan pelatihan komersial dan militer di lebih dari 30 negara.

METS ternyata diproduksi dengan berbagai varian/versi. Ada yang berbentuk seoperti helicopter, ada yang berbentuk seperti pesawat tempur, dan macam macam. Varian METS antara lain:

  • Standard Models 1, 3, 5, 30, 40, and 50
  • Customized Fighter – Apache, Cobra, Little Bird
  • Jet – Tiger, Rafale, Mirage
  • Modular Amphibious Egress Trainer
  • Submerged Vehicle Egress Trainer – AAV, HMMWV; Multipurpose
  • Fast Rescue Boat / Rigid Hull Inflatable Boat

METS juga biasanya diangkat dengan Crane khusus. Ada yang berbentuk Jib Crane dan Hoist Crane. Merk dan tipe crane yang dipakai seperti di bawah ini.

  • SmartJib™
  • Cross Gantry Hoist (XGH™)
  • Twin Gantry Hoist (TGH™)

Orang-orang yang terlibat dalam kecelakaan di atas air telah memberikan kesaksian bahwa pelatihan dalam METS sangat berperan dalam memungkinkan mereka untuk bertahan hidup dari kecelakaan pesawat yang sebenarnya.

Lalu Apakah Ikut HUET dengan METS atau SWET?

Training HUET bersertifikasi OPITO biasanya menggunakan METS sedangkan training HUET sertifikasi BNSP biasanya menggunakan SWETS. Dari sisi investasi, biaya untuk mengambil HUET sertifikasi OPITO biasanya lebih tinggi daripada biaya mengambil HUET sertifikasi BNSP.

Menurut penulis tergantung kebutuhan dari Main Contractor yang memberi pekerjaan atau Pemberi kerja dan persyaratan tender. Jika kontraktor mewajibkan sertifikasi OPITO, ambillah sertifikasi OPITO. Jika tidak ada persyaratan khusus dari kontraktor, maka HUET sertifikasi BNSP atau non OPITO bisa dipakai.

Nah itu perbedaan penggunaan METS dan SWET dalam pelatihan HUET. Semoga Sukses untuk siapa saja yang ingin mengambil training HUET.

Luki Tantra

Instruktur Sertifikasi BNSP I Asesor LSP Transafe

Sumber sumber

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama