TemanK3.id : Temannya Orang K3

 

Kementrian Tenaga Kerja Melalui Direktorat Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan,Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Tanggal 9 Juni 2020 Lalu Melaunching Aplikasi Berbasis Web TemanK3.

Perkembangan Covid-19 dan perkembangan kemajuan dunia membuat semua orang bergerak ke arah digitalisasi. Pada tanggal 9 Juni 2020, Kementrian Tenaga Kerja melalui Direktorat Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan, Keselamatan dan Kesehatan kerja meluncurkan aplikasi web teman k3Launching diadakan via aplikasi zoom meeting dan youtube streaming.

Turut hadir dalam acara peluncuran ini, plt Dirjen Binwasnaker, Iswandi Hari dan jajaran pejabat Kemnaker. Penulis mendapatkan undangannya dan turut menghadiri undangan ini melalui aplikasi Zoom. Acara dilaksanakan mulai pukul 09.00 dan berakhir sekitar pukul 10.30. Dari pengamatan penulis, acara ini dihadiri oleh lebih dari 490 akun undangan yang berpartisipasi via aplikasi zoom, namun ada beberapa akun yang diisi dan ditonton oleh beberapa orang sekaligus.

Undangan yang hadir bervariasi mulai dari pengawas K3, pejabat binwasnaker, pengurus dan anggota asosiasi K3, perusahaan pembina jasa keselamatan dan kesehatan kerja (PJK3) resmi yang terdaftar di kemnaker/TemanK3, dan stakeholder lainnya. Acara dimulai dengan sambutan dari Direktur Pengawasan Norma K3 dan doa.

Selain undangan resmi, acara peluncuran TemanK3 ini juga dapat ditonton via streaming youtube pada saat berlangsung dan untuk yang ingin melihat kembali, dapat juga di periksa tautan youtubenya di bawah artikel ini. Berikut penulis ingin melakukan re-share dari apa isi web aplikasi temank3 ini.

Tentang Temank3

Sistem pelayanan keselamatan dan kesehatan kerja atau disingkat Teman K3 adalah layanan terpadu berbasis daring (online) yang meliputi PJK3, lembaga audit dan SMK3, personil K3, kelas virtual pembinaan K3, data pengawas ketenagakerjaan spesialis k3, data dan pemeriksaaan dan pengujian objek K3 dan pelaporan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja serta pelaporan check up pekerja (www.temank3.id).

TemanK3 berada di bawah kendali Direktorat Pengawasan Norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PNK3). Direktorat Pengawasan Norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja mempunyai tugas melaksanakan perumusan kebijakan, pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria, pemberian bimbingan teknis dan supervisi, serta evaluasi dan pelaporan di bidang pengawasan norma keselamatan dan kesehatan kerja.

Layanan TemanK3.id

Lalu untuk apa dan apa keuntungan TemanK3 untuk masyarakat umum dan dunia usaha?

TemanK3

 Ada 8 layanan yang bisa diakses di temank3.id, yaitu:

1.    E-PJK3: Pendaftaran dan data perusahaan jasa keselamatan dan kesehatan kerja.

2.    E-Lembaga Audit dan E-SMK3: Layanan audit dan informasi SMK3.

3.    E-Personil K3: Layanan operator/juru K3, teknisi K3, dokter perusahaan, paramedis, Ahli K3.

4.    Kelas Virtual: Pembinaan K3 dan ujian pembinaan K3 secara online.

5.    Pengawas ketenagakerjaan spesialis K3: Data pengawas ketenagakerjaan spesialis K3 sesuai dengan bidangnya.

6.    E-Data objek K3 dan pemeriksaan pengujian objek K3: Data objek K3 dan layanan pemeriksaan dan pengujian objek K3.

7.    E-Laporan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja: Form elektronik pelaporan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

8.    E-laporan medical check up: Form elektronik pelaporan medical check up pekerja

Cara Pakai Layanan TemanK3.id

E-PJK3

E-PJK3 berisi daftar dan nama perusahaan jasa keselamatan dan kesehatan kerja/safety training provider. Dengan Aplikasi / Web Portal TemanK3, rekan HSE/HRD dari perusahaan atau industri akan lebih mudah untuk mengetahui apakah perusahaan atau PJK3-(perusahaan jasa K3) nya adalah penyedian pelatihan resmi dan terdaftar, mencegah penipuan dan penyalahgunaan dari safety training provider yang abal-abal dan palsu.

baca juga: 3 tips mendapatkan training murah yang pjk3 tidak mau kamu tahu

Cara memakai E-PJK3

  1. Klik E-PJK3
  2. Kita akan mendapatkan pilihan konsultan K3; pabrikasi, pemeliharaan, reparasi dan instalasi teknik K3;pemeriksaan dan pengujian teknik; pemeriksaan/pengujian dan atau pelayanan kesehatan kerja; dan pembinaan K3.TemanK3

3. Mari kita ambil contoh pembinaan K3. klik di sana

TemanK3

 

4. Ketikkan nama perusahaan PJK3 atau safety training provider di laman TemanK3

 5. Lalu ketikkan dan klik nama PJK3 kesayangan anda atau safety training provider yang ingin anda cek/teliti.

6. Nah, biasanya akan keluar seperti ini: 

TemanK3-Transafeindonesiacontoh hasil temuan perusahaan

mudah, bukan?

E-Lembaga audit dan E-SMK3

Untuk bagian E-Lembaga audit dan E-SMK3, perusahaan akan lebih mudah untuk mengakses, memilih dan bekerjasama dengan perusahaan yang resmi dan terdaftar di kemnaker melalui aplikasi/web TemanK3.Dengan TemanK3, hanya perlu beberapa klik untuk mengetahui lembaga audit, auditor SMK3 mauun perusahaan SMK3.

  1. Ketikkan / masukkan nama lembaga kesayangan anda/ atau yang ingin anda teliti.TemanK3

2. Pilih lembaga audit, auditor SMK3 atau perusahaan SMK3 

TemanK3

3. Ketikkan nama perusahaan/lembaga yang ingin dicek

 nah, mudah sekali, bukan?

E-Personil K3

 Di bagian E-Personil K3, perusahaan dan industri dapat memeriksa data tenaga kerja/tenaga ahli yang dimilikinya, apakah sudah terdaftar atau belum. dengan begitu, akan lebih memudahkan baik departemen HSE, HRD maupun operasional di perusahaan.

Di sini pilihannya lebih banyak, yaitu bidang pesawat angkat dan angkut; pesawat tenaga dan produksi; pesawat uap,bejana tekan dan tangki timbun; pengelasan; listrik; elevator dan eskalator; penanggulangan kebakaran; konstruksi dan bangunan; kesehatan kerja; bekerja pada ketinggian; lingkungan kerja dan bahan berbahaya, keahlian K3 umum; sistem manajemen K3. Nanti, Keaslian lisensi kemnaker para pekerja akan lebih mudah diperiksa datanya melalui situs daring ini.

Berikut ini adalah cara memilih e-personil K3:

  1. Setelah masuk dari beranda, pilih bidang yang ingin diketahui/diteliti.
    TemanK3
    Tampilan pilihan pencarian data personil di TemanK3

 

2. Masukkan nama dan tanggal lahir 

TemanK3

nah mudah kan?

Kelas Virtual

Kelas virtual akan memudahkan untuk pelatihan berbasis daring (online) / blended learning. Perusahaan via PJK3 resmi/terdaftar dapat melaksanakan pembinaan dan pelatihan K3 tanpa dibayangi ketakutan akan adanya penyebaran virus corona (covid 19).

Kelas virtual ini nanti akan diisi materi pembinaan dan pelatihan serta sertifikasi untuk setiap bidang pembinaan. namun saat ini masih belum dapat dibagikan karena membutuhkan akses khusus. 

TemanK3
Tampilan laman virtual class – blended learning-temank3

Kekurangan Temank3

Tiada gading yang tidak retak, saat penulis mencoba mengakses layanan ini hari ini (14 Juni 2020) masih ada tombol yang belum berfungsi. Tombol menu pengawas ketenagakerjaan spesialis K3, E-data objek K3 dan pemeriksaan pengujian objek K3, E-laporan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, serta  E-laporan medical check up , layanan tersebut masih belum berfungsi, mungkin karena belum semua data dimasukkan. memasukkan data yang besar seperti ini penulis membayangkan perlu waktu yang banyak dan SDM yang cukup dan cakap.

Benar saja, pada saat penulis mencoba mengakses sesi bagian pengumuman dan info, penulis membaca hasil pertanyaan yang ditanyakan oleh para undangan yang hadir kemarin. Pada laman ini, pihak Kemnaker/PNK3 mengkonfirmasinya dan memberikan solusinya sebagai berikut:

1.    Portal temank3 baru diluncurkan dan belum semua database masuk dilayanan TemanK3

2.    Apabila ketika dicek belum terdaftar kemungkinan masih dalam proses input didatabase layanan TemanK3

3.    Untuk saat ini, apabila saudara ingin mengetahui keaslian dokumen, mohon dapat mengirimkan scan atau foto dokumen (sertifikat, skp maupun lisensi) ke [email protected] 

Penulis juga berkesempatan bertanya walaupun tidak dapat kesempatan dijawab langsung. Pertanyaan penulis ada di nomor 29.

Bagaimanapun juga,  penulis tetap beranggapan bahwa aplikasi/web portal Teman K3 ini adalah ide bagus dan sangat mendukung adanya aplikasi/ website TemanK3. Penulis berharap semoga website ini akan terus berkembang dan berkesinambungan ke depannya agar dapat memudahkan dan membantu lebih banyak lagi insan k3 di Indonesia pada khususnya dan masyarakat luas termasuk dunia usaha, industri dan perusahaan pada umumnya.

 

Salam,

Luki Tantra

ikuti saya di twitter atau baca artikel saya yang lain

 

source

·         https://www.temank3.id/page/tentangkami

·         https://www.temank3.id/page/detail_news/6/e79f0bf3ed54c46e5114a00128b409d9

·         https://www.youtube.com/watch?v=tmqgwwco3xq

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama