Kebisingan, Musuh Training K3 Online

Training K3 Online Memiliki Tantangan dengan kebisingan pada saat melakukannya dari rumah. Ini Cara mengatasinya

Pandemi COVID 19 ini mengubah banyak hal di kehidupan manusia. Saat ini kehiupan manusia sudah banyak berubah ke arah online. Salah satu platform online learningCoursera, penggunanya meningkat 640%UdemyPlatform training yang lain mengalami kenaikan 400%. Saham Aplikasi Zoom meningkat 355% karena dampak ini.

Di dunia K3, pandemi COVID 19 membuat training K3 juga berubah. Kalau jaman sebelum pandemi, lebih banyak pelatihan yang dilakukan offline, sekarang lebih banyak ke online. Training K3 secara Online ini juga dilakukan oleh para dosen K3, Instruktur K3 Internal Perusahaan dan para trainer di safety training provider/PJK3.

Ryska Nababan, E Learning Manager di Transafe Indonesia juga menyatakan saat ini 80% pelatihan di lembaganya berupa pelatihan online.

Namun karena PSBB dan pengetatan serta pembatasan jumlah pekerja di kantor/perusahaan, banyak instruktur K3 online yang harus melakukan pelatihan bukan dari kantor sang Safety training provider. Kebanyakan training K3 online dilakukan dari rumah.

TANTANGAN TRAINING K3 ONLINE DARI RUMAH

Rumah bukan tepat kerja. Karena itu ada saja factor kebisingan yang pasti mengganggu sesi pelatihan k3 online.

Misalnya suara ayam berkokok, jerit bel tukang roti, kentingan mangkok tukang bubur langganan, jeritan tukang sayur, sound system dari mobil tukang barang plastic, Audio Speaker pengamen, dan sebagainya.

Nah, Suara-suara yang “bocor” ini bisa membuat peserta menjadi tidak konsentrasi kepada materi.

MENGATASI KEBISINGAN SAAT TRAINING K3 ONLINE

Dari sisi mengurangi dampak akibat kebisingan, kita bisa lho menggunakan piramida hirarki pengendalian resiko. Dimulai dari eliminasi, substitusi, rekayasa teknik, administratif dan APD, berikut 3 cara mengatasi kebisingan dalam training K3 Online.

I. ELIMINASI / SUBSTITUSI

Yang paling Pertama, adalah buat lokasi/kamar khusus untuk mengajar. Kita bisa set sebuah kamar/lokasi kerja yang didedikasikan untuk mengajar secara online.

Kita bisa set tempat kerja dengan laptop dengan latar belakang polos, hijau lebih baik. Kita sediakan lampu khusus yang cukup terang dan kamera yang mumpuni. Lebih baik lagi jika kamar cukup jauh dari jalan atau memiliki peredaman suara yang baik.

Hal hal ini bisa kita lakukan untuk menghilangkan/eliminasi kebisingan dalam pelatihan K3 online; Selain itu juga untuk menghindari kesalahan instruktur K3 di pelatihan K3 online lainnya.

Kedua,  Bisa juga dengan menyewa kamar hotel/penginapan. Kamar hotel relatif lebih sepi karena dijadikan tempat istirahat. Jika membawa keluarga, anak-anak bisa bermain atau berenang menggunakan fasilitas hotel selama melaksanakan training K3 Online.

II. PENGENDALIAN ADMINISTRASI

Keluarga biasanya menjadi salah satu sumber kebisingan pada saat instruktur K3 mengadakan pelatihan K3 Online. Bahkan anak bisa “mengganggu” sebuah training K3 Online karena di pandangan mereka, jika orangtua mereka ada di rumah maka itu hari libur. Pasangan juga berharap kita bisa melakukan sesuatu pada saat kita berada di rumah (seharian). Orang tua maupun saudara kita juga terkadang “gerah” melihat kita seharian berada di kamar menghadap ke computer/laptop.

Di salah satu FGD yang saya ikuti dari sebuah Yayasan, ada beberapa cara untuk mengurangi hal tersebut:

Pertama, Diskusikan dengan keluarga/pasangan bahwa pada saat jam kerja/jam training adalah jam yang sama dengan waktu kerja seperti jika sang Bapak/Ibu bekerja dari kantor. Lebih baik lagi, menginformasikan kepada pasangan tidak mendadak.

Saya pribadi menginformasikan kepada pasangan jadwal saya. Misalnya: Besok, hari senin, misalnya dari Jam 10-12 saya ada kelas sesi pagi, lalu sesi siangnya dari 13-15. Di antara atau sebelum/sesudahnya , saya bisa membantu pekerjaan di rumah.

Kedua, Pasang peringatan/informasi di depan kamar. Ini salah satu cara yang efektif. Tahun 1990an dulu, kamar remaja sering dipasang tempelan keberadaan pemilik kamar. Sekarang, kita bisa menggunakan white board kecil untuk menempelkan informasi jadwal training K3 Online yang dijalankan.

III. MENGGUNAKAN APD

Saya sebetulnya agak rancu apakah ini masuk ke APD atau Rekayasa engineering tapi, hasilnya cukup efektif.     

Dari sisi APD, Pilih dan Pakai Headphone dengan Microphone yang memiliki fitur Noise cancelling. Dengan Teknologi Noise Cancelling, mic dari headset kita hanya akan menangkap suara kita dan tidk memagkap suara dari arah lain. Sehingga baik tukang jual sapu, tukang jual bak plastik anti pecah dan sebagainya tidak akan mengganggu training K3 Online kita.

Nah Itu tadi cara menghindari kebisingan dalam melaksanakan Pelatihan K3 Online, semoga bermanfaat.

Sumber

Post a Comment

أحدث أقدم