Film Teman Tidur Siap Diputar, Angkat Isu Perundungan dan Kesehatan Mental yang Makin Marak Terjadi






Robagu Pictures merilis film bergenre drama thriller Teman Tidur yang menjadikan perundungan atau bully sebagai tema utama.

Film Teman Tidur yang disutradarai Ray Nayoan ini mengambil latar-belakang masa remaja dan situasi SMA.

Sekolah merupakan salah satu tempat dimana perundungan atau bullying seringkali terjadi.

Isu perundungan (bullying) dan kesehatan mental yang saat ini menjadi isu penting belum banyak digarap dalam industri film tanah air.

Terbaru, belum lama ini masyarakat dikagetkan peristiwa penganiayaan seorang remaja secara brutal hingga mengalami koma yang diduga dilakukan anak pejabat DJP Kemenkeu.

Hal ini memperlihatkan bagaimana bully bisa menjadi tindakan kriminal berbahaya jika dibiarkan.

Film Teman Tidur diawali dari kisah Kelly, salah satu siswi SMA Tunas Bangsa, yang bunuh diri karena menjadi korban bully dari geng sekolah dan foto sensualnya tersebar ke seluruh penjuru sekolah.



Cerita berlanjut dengan kehadiran arwah Kelly yang terus menghantui para pelaku perundungan.

Mutiara Sofya yang berperan sebagai Kelly menceritakan kesannya saat menjalani proses syuting dan mendalami perannya sebagai salah satu pemain utama film ini.

"Peran Kelly sangat relate dengan kondisi saat ini karena bully terjadi di sekolah dan di mana-mana," kata Mutiara Sofya saat media gathering film Teman Tidur di kawasan Prapanca, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (24/2/2023).

Kebetulan, lanjut Mutiara Sofya, "Saya korban bully sejak TK hingga SMP sehingga tahu dan merasakan sedihnya, kecewa dan takut sebagai seorang korban."

Gunawan, aktor senior yang berperan sebagai ayah Kelly, merasa sangat menjiwai dan total berperan dalam film ini.

"Saya merasakan perasaan kecewa sebagai orang tua yang anaknya dibully," kata Gunawan.

Gunawan ingat saat anaknya menjadi korban bully saat SD.

"Terlihat sekali perbedaannya dari awalnya periang menjadi pendiam, suka menangis dan penakut, orang tua harus peka terhadap kondisi dan perubahan sikap anak," ujar Gunawan.

Bukan hanya Mutiara Sofya dan Gunawan yang pernah bersinggungan dengan persoalan bully.

Kalina Ocktaranny yang juga bermain dalam film Teman Tidur juga pernah menjadi korban bully saat sekolah.





"Jika kita tidak bersikap, bully akan terus langgeng dan orang tua harus peka dan sering ngobrol dan menjadi teman diskusi untuk anaknya," lanjutnya.


Pesan Efektif

Dino Izaak, Produser Eksekutif film Teman Tidur, mengatakan, sekolah menjadi lahan subur perundungan yang seringkali diabaikan.

Film menjadi medium penyampaian pesan yang sangat baik dan efektif mengenai dampak buruk dari perundungan.

"Film Teman Tidur ini bukan hanya menggambarkan masa indah remaja di sekolah yang sarat romansa atau kesenangan, tapi juga perundungan, kesehatan mental, dampak buruk media sosial serta bagaimana harus menyikapinya," ujar Dino Izaak.

Setyoro Swantomo, Produser film Teman Tidur, menambahkan, rumah produksinya ingin menunjukkan karya berkualitas yang sangat relevan dan dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Harapannya, masyarakat antusias untuk mengenal lebih jauh persoalan kesehatan mental dan perundungan yang bukan masalah sepele, terlebih lagi tema ini dibungkus dengan genre film thriller yang menarik dan cukup disukai.

Ray Nayoan yang menjadi sutradara mengatakan, film garapannya itu dapat memberikan pengalaman dan pelajaran penting ke para penonton baik itu remaja maupun orang tua yang memiliki anak di sekolah.

"Film Teman Tidur ini menghadirkan pengalaman audio visual yang baru melalui penyelaman terhadap karakter pertemanan di sekolah dan juga bagaimana gadget, media sosial bisa menjadi bahaya jika tidak digunakan bijak," kata Ray Nayoan.

Selain Mutiara Sofya, Givina Lukita Dewi dan Baskara Mahendra, film ini juga dibintangi deretan aktor dan aktris ternama.

Ada Meriam Bellina, Gunawan, Rafael Tan, Khan Teux, Deanda Putri, hingga Abun Sungkar.

Film yang ceritanya ditulis Asaf Antariksa dan Gea Rexy ini akan tayang bersamaan dengan peringata Hari Film Nasional pada 30 Maret 2023.

Soundtrack film Teman Tidur dinyanyikan Monita Tahalea dan diciptakan Sri Hanuraga sekaligus sebagai penata musik film Teman Tidur bersama Thoersi Argeswara.


Post a Comment

أحدث أقدم